UNISMUH MAKASSAR

Minggu, 02 Januari 2011

RPP bahasa


Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VI/1
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit

Standar Kompetensi : Memahami tesk dan cerita anak yang dibacakan
Kompetensi dasar : Mendengarkan cerita pendek anak-anak
Indikator : 1. Menjawab pertanyaan
2. Menceritakan kembali
3. Menjelaskan amanat
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa mampu menjawab pertanyaan seputar cerita anak yang mereka dengar
2. Siswa mampu mencerikatakan kembali isi cerita tersebut secara tertulis
3. Siswa mampu menanggapi dan mengambil hikmah/amanat dari cerita anak.

II. Materi Pokok
Cerita pendek anak-anak

III. Metode Pembelajaran
Ceramah, Tanya jawab, Pemberian tugas

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
No. Kegiatan guru Kegiatan siswa Alokasi waktu Keterangan
1.

2.

3.

4. Memberi salam dan menanyakan kabar
Mengarahkan siswa untuk berdoa
Mengabsen siswa

Apersepsi Menjawab salam dan kabar
Berdoa bersama

Mendengarkan absen dan menyahut
Mendengarkan arahan guru 2 menit

1 menit

3 menit

2 menit Fase I

Fase I

Fase I

Fase I
Kegiatan inti
5.


6.


7.



8.
Mengarahkan siswa untuk membaca tesk cerita anak-anak secara bergantian
Memberikan pertayaan seputar cerita yang telah di bacakan siswa
Menyuruh siswa untuk menceritakan kembali isi cerita tersebut secara tertulis
Menyuruh siswa untuk menyimpulkan makna dari cerita Membaca tesk cerita anak-anak secara bergantian

Menjawab pertayaan dari guru

Menulis kembali isi cerita dengan kata-kata sendiri.


Menyimpulkan makna cerita 5 menit


5 menit


5 menit



2 menit Fase II


Fase II


Fase II



Fase II
Kegiatan akhir
9.


10.

11.

12. Mengumpulkan tugas dan memberikan penilaian
Menyimpulkan materi

Memberikan tugas/PR

Memberikan pesan moral Menyetor tugas dari guru untuk di nilai

Mendengarkan kesimpulan dari guru
Mendengarkan dan mencatat tugas dari guru
Mendengarkan pesan pesan moral dari guru 3 menit


2 menit

3 menit

2 menit Fase III


Fase III

Fase III

Fase III

V. Sumber /Bahan dan Alat
• Buku paket : Saya Senang Berbahasa Indonesia kurikulum 2004, untuk kelas 5 SD
• Media : Gambar

VI. Penilaian
• Jenis tes
Tes tertulis :
Contoh soal : soal buku “Saya Senang Berbahasa Indonesia halaman 8-9”


• Format penilaian

No. ASPEK SKOR
1.
2.
3. Kebenaran jawaban
Bahasa (ejaan dan tanda baca)
Kerapian dan kebersihan tulisan 60
20
20



Mengetahui Dilaksanakan
Kepala Sekolah Guru kelas

(………………………………….) (………..……………………..)
NIP : ………………………….. NIP : ………………………….













MATERI : Cerita Pendek Anak-anak

Harta Yang Terpendam
Alkisah, ada seorang petani kaya yang mempunyai lima anak laki-laki. Mereka semuanya pemalas. Mereka sama sekali tidak mau membantu pekerjaan ayahnya sehari-hari. Akibatnya, petani itu jatuh miskin.
Sikap anak-anaknya itu membuat Sang ayah yang tua itu kesal hatinya, dan selalu memikirkan sikap mereka yang tidak patuh, akhirnya petani itu jatuh sakit. Pada suatu hari, ketika ajalnya hampir tiba dikumpulkanlah semua anaknya. Di depan mereka, Sang ayah meninggalkan pesan terakhir. Begini bunyinya :
“Hai anak-anakku , kini tiba saatnya ayah meninggalkan kalian untuk selama-lamanya. Karena kemalasan kalian, semua harta benda yang kukumpulkan telah habis kalian pakai. Akan tetapi, untunglah ayah telah menyembunyikan sebagian harta Ayah di suatu tempat. Letaknya dikebun bagian barat. Jika kalian membutuhkannya galilah tanahnya. Kalian pasti akan menemukannya.”
Setelah mengucapkan kalimat itu, si Ayah meninggal dunia. Oleh karena ia tidak menjelaskan secara tepat letak harta itu, anak-anaknya menggali setiap jengkal tanah hingga menjadi gembur semuanya. Semua tanah telah digali tapi tidak sepotong benda pun yang mereka temukan.
Akhirnya karena sudah terlanjur di kerjakan , tanah itupun mereka Tanami aneka palawija. Jika tidak, tentunya mereka akan kelaparan. Berkat kerja keras serta sungguh-sungguh itu, hasil panen palawija mereka melimpah. Beberapa musm panen saja mereka sudah mengumpulkan hasil kekayaan yang banyak.
Setelah berhasil memulihkan kekayaan ayahnya mereka baru sadar. ternyata yang dimaksud harta terpendam itu adalah tenaga dari mereka berlima yang terpendam. Yang harus mereka gunakan untuk menikmati hasilnya.
Berkat kerja keras kelima bersaudar ini akhirnya mereka menjadi orang-orang yang rajin dan menjadi petani paling kaya di desanya.
Pertanyaan
1. Sebutkan tokoh-tokoh dalam cerita beserta wataknya secara singkat!
2. Mengapa sang ayah merasa kesal?
3. Apa inti pesan terkahir sang ayah?
4. Mengapa anak-anak itu menggali setiap jengkal tanah?
5. Apa hikmah dan makna dari cerita di atas?


Tugas
• Menceritakan kembali isi cerita dengan kata-kata sendiri secara tertulis
• Menuliskan tanggapan terhadap cerita dan pelajaran apa yang dapat di petik dari cerita tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog