UNISMUH MAKASSAR

Jumat, 26 Maret 2010

SABAR CIRI KHAS GURU KATA NENEK GUE

JUMAT 26-03-2010
Guru Harus Sabar Mendidik Siswa
Pj Bupati Resmikan Kancab Disdik dan 5 SD Loa Janan

Bagi berita/artikel ini kepada rekan atau kerabat lewat Facebook
TENGGARONG - Pejabat (Pj) Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Drs H Sjachruddin MS MM meresmikan bangunan Kantor Cabang Dinas Pendidikan (Kancab Disdik) dan lima gedung SDN se-Loa Janan. Peresmian bangunan kantor dan ruang sekolah, Kamis (26/3), itu bersamaan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan unsur pendidikan.

“Peresmian bangunan kantor dan sekolah di Loa Janan ini diharapkan dapat melahirkan SDM yang berkualitas. Kualitas dalam penguasaan ilmu dan teknologi juga memiliki nilai-nilai akhlakul karimah,” jelas Sjachruddin.

Sjachruddin menyambut positif pelaksanaan peringatan Maulid Nabi yang dirangkaikan dengan peresmian proyek gedung SD dan kantor Cabang Disdik. Karena berkaitan dengan dunia pendidikan, corak kehidupan Muhammad Rasulullah SAW dilandasi oleh nilai-nilai akhlak yang mulia, seperti kebenaran, kesalehan, amanah, kejujuran, dan keadilan.

“Karena itu dibutuhkan sosok pendidik atau guru yang dapat memberikan teladan sekaligus bertanggung jawab dalam mempraktikan nilai-nilai akhlakul karimah. Guru harus memiliki kesabaran dan kasih sayang untuk membimbing anak didiknya dalam kehidupan sehari-hari,” ucapnya.

Para pahlawan tanpa tanda jasa itu diminta memberikan penanaman nilai-nilai moral. Pendidikan sebagai institusi teologis yang mengarah anak didik tidak hanya dapat memahami ilmu pengetahuan umum. Melainkan juga dalam upaya memperdalam pengkajian ilmu-ilmu keagamaan dan proses pembelajaran.

Karena itu perlu dikembangkan keterlibatan secara aktif dari para pendidik dan perlunya kesadaran dari peserta didik, pendidik, dan orang tua, atau masyarakat terhadap pentingnya kerja sama dan dialog yang terbuka untuk mengurangi hambatan-hambatan selama proses pendidikan.

Sementara itu Kepala Cabang Disdik Loa Janan Senen Edy Pranyoto MPd berjanji mewujudkan pendidikan berwawasan lingkungan untuk membentuk manusia berkualitas, berkemampuan kompetitif, berdasarkan iman dan takwa, serta berilmu pengetahuan dan teknologi. Bangunan kantor serta 5 sekolah yang direnovasi dan dibangun ulang diharapkan dapat meningkatkan kualitas tenaga pendidik di Loa Janan.

Pemenuhan sarana dan prasarana sekolah dan meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan tenaga pendidik, tenaga kependidikan, dan anak didik, serta bisa membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam kehidupan di masyarakat.

"Ini juga berguna mendisiplinkan tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik dan mengupayakan lingkungan yang bersih, asri, sejuk, dan rindang,” ungkapnya.

Melalui sekolah dan menumbuhkan serta meningkatkan semangat kinerja, belajar tenaga pendidik dan membudayakan serta menjaga kebersihan di lingkungan belajar dan bekerja juga membudayakan gemar menanam bunga, tumbuh-tumbuhan yang bermanfaat di areal sekolah atau di lingkungan kerja. (hmp16)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog